Kehidupan Islami Warga Muhammadiyah(Aplikasi HP)

Jumat, 15 Januari 2010


ImageYogyakarta-Adalah kabar gembira untuk warga Muhammadiyah,  Pedoman Hidup Islami warga Muhammadiyah (PHIM) saat ini bisa dinstal ke Handphone setelah dibuat file berbasis Java oleh M Tamim, seorang alumni Madrasah Muhammadiyah yang menggagas situs www.inhandlearning.com . Dengan demikian Pedoman yang membahas  tuntunan yang dibutuhkan keseharian seorang Muslim ini bisa dibawa kemana saja dengan mudah.
Menurut Tamim, PNS yang bekerja di PPPG Matematika ini, selama ini dia berusaha membangun beberapa aplikasi yang dia sebut M-Dakwah untuk membantu mereka yang ingin belajar Islam dengan mudah melalui Handphpone nya. Dengan demikian materi-materi ke-Islaman yang  sudah disiapkan dalam bentuk fie .JAR itu bisa diinstal dan dibaca dimanapun.
Selama ini Tamim sudah banyak membangun aplikasi  Tarjamah Al Qur’an Juz 30, Panduan Shalat Ringkas, Tarjamah Hadis Arbain dan  Do’a Harian yang siap di download di situs http://islam.inhandlearning.com . Situs ini dibangun Tamim dan menjadi topik untuk mewawancarainya  pada acara E-Lifestyle Metro TV, 14 Oktober 2007 dengan tema “IT Sebagai Media Dakwah”. 

Seperti yang sudah jamak di ketahui khalayak, PHIM yang  ditetapkan di Muktamar Jakarta (2000) telah menjadi tuntunan keseharian warga Muhammadiyah. Selama ini selain diterbitkan secara resmi dengan bentuk buku kecil terbitan Suara Muhammadiyah, juga dengan mudah didownload di Website Muhammadiyah dalam bentuk file PDF (arif).
----------------
Instalasi aplikasi ke HP dapat dilakukan dengan 2 cara


Cara Pertama (menggunakan komputer)
  1. Pastikan komputer dan HP memiliki koneksi bluetooth, Infrared, atau kabel.
  2. Pastikan juga HP mendukung instalasi langsung melalui file (Sebagian merk HP keluaran terbaru biasanya sudah mendukung instalasi dengan cara ini)
  3. Download file .JAR dari website http://islam.inhandlearning.com ke komputer.
  4. Transfer file tersebut ke HP.
  5. File ini biasanya masuk sebagai SMS. Buka file ini.
  6. Jika HP anda mendukung instalasi langsung maka proses instalasi akan berjalan.
  7. Jika ada konfirmasi error, maka kemungkinan besar HP Anda hanya mendukung instalasi melalui OTA/GPRS.
Cara Kedua (menggunakan WAP)
  1. Pastikan GPRS di HP dan SIM card anda sudah tersetting.
  2. Buka WAP Browser di HP dan masuklah ke alamat http://inhandlearning.com/wap/islami/
  3. Pilih (klik) aplikasi yang diinginkan, jika ada dua file (JAD dan JAR) pilih file yang bertipe JAD.
  4. Jika HP Anda mendukung Java dan memory HP masih cukup, download dan instalasi akan berjalan.
  5. Anda akan dikenai biaya transfer GPRS (dihitung dari besar file yang didownload). Jangan khawatir, biayanya sangat murah, biasanya hanya ratusan rupiah.

Panduan ini diambil dari :http://inhand.19.forumer.com 

0 komentar:

Posting Komentar